Aliran Rasa - Materi #4 (Gaya Belajar Anak)
Alhamdulillah, tantangan 10 hari pengamatan dan menemukan gaya belajar anak dapat diselesaikan dengan cukup baik. Meski semangat agak mengendor di level 4, terutama semangat menulisnya.
Dalam pelaksanaannya saya lebih banyak cuma mendampingi dan mengamati apa yang dilakukan oleh ananda tercinta. Beberapa aktivitas serupa family project juga tetap dilakukan sambil mengamati pola aktivitas dan minatnya.
Khansa di masa balitanya tergolong anak yang aktif. Saya sempat khawatir kalau saat mulai masa sekolah dia tidak bisa duduk diam. Sempat terpikir untuk unschooling saja, karena saya merasa itu akan dapat mengakomodir keaktifannya. Tapi saat memasuki usia TK, dia tertarik dan kekhawatiran saya tidak terbukti, karena ternyata dia bisa mengikuti kegiatan di sekolahnya dengan baik sesuai instruksi guru-gurunya dan bisa bersosialisasi dengan baik, bahkan dengan teman-teman yang beda kelas sekalipun.
Saat ini saya sedang mempersiapkannya menuju masa SD-nya. Memperkenalkannya tentang pelajaran yang akan dipelajari di SD nanti, situasinya akan seperti apa. Mungkin saya yang kembali terlalu khawatir, melihat setahun ini unschooling dan tentu saja dengan waktu bermain yang lebih banyak.
Setelah pengamatan 10 hari ini dan menilik kembali pengalaman-pengalaman belajar sebelumnya. untuk saat ini Khansa cenderung kepada "kinestetik auditory".
Hal yang menonjol terlihat dari keaktifan geraknya, lebih suka kegiatan praktek langsung, suka bercerita, lebih cepat menghapal surat-surat pendek melalui mendengarkan media audio.
"Dont teach me, I love to learn"
#AliranRasa
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
Dalam pelaksanaannya saya lebih banyak cuma mendampingi dan mengamati apa yang dilakukan oleh ananda tercinta. Beberapa aktivitas serupa family project juga tetap dilakukan sambil mengamati pola aktivitas dan minatnya.
Khansa di masa balitanya tergolong anak yang aktif. Saya sempat khawatir kalau saat mulai masa sekolah dia tidak bisa duduk diam. Sempat terpikir untuk unschooling saja, karena saya merasa itu akan dapat mengakomodir keaktifannya. Tapi saat memasuki usia TK, dia tertarik dan kekhawatiran saya tidak terbukti, karena ternyata dia bisa mengikuti kegiatan di sekolahnya dengan baik sesuai instruksi guru-gurunya dan bisa bersosialisasi dengan baik, bahkan dengan teman-teman yang beda kelas sekalipun.
Saat ini saya sedang mempersiapkannya menuju masa SD-nya. Memperkenalkannya tentang pelajaran yang akan dipelajari di SD nanti, situasinya akan seperti apa. Mungkin saya yang kembali terlalu khawatir, melihat setahun ini unschooling dan tentu saja dengan waktu bermain yang lebih banyak.
Setelah pengamatan 10 hari ini dan menilik kembali pengalaman-pengalaman belajar sebelumnya. untuk saat ini Khansa cenderung kepada "kinestetik auditory".
Hal yang menonjol terlihat dari keaktifan geraknya, lebih suka kegiatan praktek langsung, suka bercerita, lebih cepat menghapal surat-surat pendek melalui mendengarkan media audio.
"Dont teach me, I love to learn"
#AliranRasa
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
Komentar
Posting Komentar