#Diyanmm_NHW7

Nice Homework #7

TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF


Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7.  Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar.

Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping.

Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman  tulis di NHW#1 – NHW #6
Semua ini ditujukan  agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.

🍀 Ketahuilah tipe kekuatan diri (strenght typology) teman-teman, dengan cara sbb :

1⃣masuk ke www.temubakat.com

2⃣isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional
jawab Questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya

3⃣Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini.

4⃣ Lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7


🍀 Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran

Kuadran  1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA

Kuadran 2  : Aktivitas yang anda SUKA tetapi  andaTIDAK BISA

Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda  BISA

Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

====================##====================


Alhamdulillah, minggu ini telah sampai pada NHW #7. Pada tahap ini, peserta matrikulsi diminta untuk:

1. mengenali tipe kekuatan diri dengan mengisi kuesioner di website temu bakat http://www.temubakat.com/
berikut ini hasil yang saya peroleh:





Berdasarkan hasil tes tersebut berikut ini yang merupakan "KEKUATAN" saya:

1. INTERPERSONAL

a. Educator

adalah orang yang suka melihat orang lain maju dan memajukan orang lain dengan cara mengajar, melatih ketrampilan, melatih sesuai dengan kemampuan anak didik atau memberikan nasihat. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain guru, dosen, pelatih, tenaga pendidik, dsb.

Berdasarkan hasil tes, tipe educator sangat sesuai dengan diri saya karena saya merasa bersemangat jika melakukan aktivitas ini.
Saya suka mengajar, namun karena sesuatu dan lain hal saya mengundurkan diri sebagai salah satu staf pengajar di sebuah sekolah dan sekarang fokus sebagai pengajar buat anak sendiri.

b. Communicator

adalah orang yang senang menjelaskan sesuatu yang biasa menjadi luar biasa, baik lisan maupun tulisan dan juga senang tampil di depan publik. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain presenter, guru, penceramah, dsb.

Kekuatan saya yang ini masih berhubungan dengan passion saya sebagai pengajar. Namun, saya tidak suka tampil di depan umum di luar aktivitas sebagai pengajar di kelas.

c. Server

adalah orang yang senang melayani dan mendahulukan orang lain. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain perawat, dokter, technical support, customer service, bidang pekerjaan yang mengutamakan pelayanan.

Untuk kekuatan interpersonal saya yang satu ini masih sangat terkait dengan passion saya yang tersebut di atas, melayani sebagai pengajar dan pendidik. Selain itu saya juga suka dengan kegiatan sosial, untuk ini saya bergabung dengan sebuah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dan kegiatan sosial kemanusiaan lainnya.


1. INDIVIDUAL

b. Visionary

adalah orang yang dapat melihat jauh ke depan melampaui cakrawala melalui kemampuan analitis ataupun menggunakan intuisi/perasaan.

b. Analyst

adalah orang yang berpikiran analitis dan senang dengan angka-angka maupun data. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain trader bursa saham, pialang, system analyst, programmer, peneliti.

b. Restorer

adalah orang yang berpikiran analitis, senang mendiagnosa dan senang mengembalikan sesuatu ke fungsi semula


Berdasarkan hasil tes untuk peran individu, sudah cocok dengan saya, namun saya merasa masih kurang di peran sebagai analis.


2. Membuat kuadran aktivitas



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal #1: Identifikasi Masalah

Jurnal 10: Libur Tlah Usai, Saatnya Tancap Gas

Menstimulasi Anak Suka Membaca (10)